Daerah

KAI Divre II Sumbar Catat Jumlah Penumpang Sebanyak 7.096 Orang pada 1 Januari 2025

Padang – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat mencatatkan jumlah penumpang yang signifikan pada 1 Januari 2025, yaitu sebanyak 7.096 orang. Jumlah ini menunjukkan peningkatan 42% dibandingkan dengan hari-hari biasa, di mana rata-rata penumpang harian pada bulan November 2024 tercatat sebanyak 4.995 orang per hari.

Untuk periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, KAI menetapkan masa angkutan selama 18 hari, mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Puncak arus penumpang terjadi pada hari Minggu, 29 Desember 2024, dengan jumlah penumpang mencapai 7.473 orang.

“Secara keseluruhan, hingga hari ke-14 masa Angkutan Nataru 2025, yaitu dari 19 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025, KAI Divre II Sumbar telah melayani 92.710 penumpang, dengan rata-rata 6.622 penumpang per hari,” kata Kepala Humas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, M. As’ad Habibuddin.

Rincian Jumlah Penumpang Angkutan Nataru

Adapun rincian jumlah penumpang selama 14 hari masa angkutan Nataru ini adalah sebagai berikut:
– **KA Pariaman Ekspres** relasi Pauhlima/Padang – Naras pulang-pergi (PP) sebanyak 64.564 penumpang.

-KA Minangkabau Ekspres relasi Bandara Internasional Minangkabau (BIM) – Pulau Air PP sebanyak 21.642 penumpang.
KA Lembah Anai relasi Duku – Kayu Tanam pp sebanyak 6.504 penumpang.

Stasiun Padang menjadi favorit utama sebagai stasiun keberangkatan maupun tujuan dengan jumlah penumpang mencapai 50.093 orang. Disusul oleh Stasiun Pariaman dengan 37.830 penumpang, Stasiun BIM dengan 16.530 penumpang, Stasiun Air Tawar dengan 15.559 penumpang, dan Stasiun Duku dengan 11.796 penumpang.

Ketepatan Waktu dan Layanan

Dari sisi pelayanan, KAI Divre II Sumbar berhasil mencatatkan kinerja yang memuaskan, dengan ketepatan waktu keberangkatan kereta api mencapai 100%, sementara ketepatan waktu kedatangan mencapai 99,7%.

Setiap harinya, KAI melayani sejumlah perjalanan kereta api untuk memenuhi kebutuhan transportasi penumpang, antara lain:
– KA Pariaman Ekspres: 8 kali perjalanan relasi Pauhlima/Padang – Naras pp dengan tarif Rp5.000 sekali jalan.
– KA Minangkabau Ekspres: 12 kali perjalanan relasi BIM – Pulau Air pp dengan tarif Rp10.000 sekali jalan.
– KA Lembah Anai: 6 kali perjalanan relasi Duku – Kayu Tanam pp dengan tarif Rp3.000 sekali jalan.

Pemesan Tiket dan Tips Perjalanan

Masyarakat yang ingin menikmati libur Natal dan Tahun Baru dengan menggunakan transportasi kereta api disarankan untuk merencanakan perjalanan jauh-jauh hari. Pembelian tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI yang telah dibuka sejak H-7 keberangkatan, mengingat keterbatasan jumlah tiket. Tiket juga dapat dibeli melalui loket yang tersedia 3 jam sebelum keberangkatan, selama tiket masih tersedia.

“KAI berkomitmen untuk mengantarkan pelanggan dengan selamat, aman, nyaman, dan tepat waktu. Kami menyarankan calon pelanggan untuk memesan tiket melalui aplikasi, sehingga tidak kehabisan tiket dan perjalanan menjadi lebih terencana,” ujar As’ad.

Selain itu, KAI juga mengimbau kepada para pelanggan untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan selama perjalanan. Para penumpang diingatkan untuk memperhatikan barang bawaannya, agar tidak membawa barang-barang yang dilarang di atas kereta api, seperti barang berbau menyengat atau yang berbahaya.

Dengan kinerja yang baik selama masa angkutan Nataru, KAI Divre II Sumbar terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang menggunakan jasa transportasi kereta api, menjadikan perjalanan lebih nyaman, aman dan tepat waktu. (*)