Daerah

Wagub dan Ketua Kormi Sumbar Bersilaturahmi dengan Warga Minang di Palembang

Lintassumbar.co.id – Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi, memenuhi undangan dari warga Minang yang berada di Palembang yang tergabung dalam Badan Musyawarah Keluarga Minang (BMKM) di Balairung Graha Cindua Mato, Sabtu, 2/7.

Gubernur Sumbar didampingi oleh Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi Sumbar), Aristo Munandar, dan jajaran pengurus lainnya.

Kedatangan rombongan Gubernur Sumbar dan ketua Kormi disambut antusias oleh warga Minang yang memenuhi Balairung Graha Cindua Mato.

Ketua BMKM, Nofrizon, mengatakan di Sumatera Selatan terutama di Kota Palembang banyak terdapat orang Minang. Mereka terhimpun di berbagai organisasi paguyuban daerah seperti PKDP, SAS, Perwatar dan lain-lain.

“Sumsel daerah yang dipenuhi para perantau, terutama asal Minang. Populasi warga Minang di Kota Palembang yakni 10 persen dari jumlah warga Palembang atau sekitar 180 ribu orang. Sebagian besar bermata pencaharian pengusaha rumah makan,” ujarnya.

Nofrizon menambahkan BMKM Sumsel kini sudah memiliki gedung pertemuan dan masjid milik sendiri.

“Ke depan kami berencana ingin membangun SMP IT di Sumsel. Tanahnya sudah ada. Tinggal membangun gedungnya. Mohon dukungan dari Pemprov Sumbar,” harap Nofrizon.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi, mengatakan orang Minang punya potensi besar di perantauan. Terutama di bidang ekonomi dimana orang Minang sebagian besar berprofesi sebagai pedagang dan pengusaha.

“Orang Minang itu hebat-hebat, banyak yang sukses di Rantau. Namun harus diperkuat sinergi antara ranah dan rantau guna meningkatkan perekonomin daerah.

Audy juga meminta para perantau Minang untuk terus menjaga kekompakan dan persatuan dan kesatuan.

“Tetap solid, jaga persatuan dan kesatuan, terus bersinergi, Pemprov Sumbar akan ikut mensupport,” ujar Audy.

Selanjutnya Audy menjelaskan kedatangan mereka Palembang bertujuan memberikan dukungan kepada kontingen Kormi Sumbar yang tampil di ajang Fornas yang diselenggarakan di Kota Palembang.

Untuk itu ia berharap warga Minang di Palembang untuk ikut memberikan dukungan kepada kontingen Sumbar.

“Kedatangan kami dalam rangka Fornas, Sumbar punya kontingen besar 400 orang lebih. Mohon dukungan kepada bapak ibu untuk ikut memberikan dukungan kepada atlit Sumbar yang tampil di ajang Fornas,” ajak Audy yang diamini oleh Ketua Kormi Sumbar, Aristo Munandar. (Fadhil)