Lintassumbar.id – Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) nomor urut 1 Mualim (Mulyadi-Ali Mukhni) ingin pelayanan publik yang ada di Pemprov berbasis teknologi informasi yang modern. Hal itu sebagai bentuk inovasi yang dilakukan demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Dalam visi-misi Mulyadi-Ali Mukhni, salah satu poin yang menjadi fokus pasangan yang diusung oleh Partai Demokrat dan PAN ini adalah ‘Mewujudkan Birokrasi Berbasis Sistem Digital Modern yang Mengutamakan Aspek Pelayanan dan Kemudahan kepada Masyarakat’.
Mulyadi-Ali Mukhni ingin mental pelayanan benar-benar terwujud pada birokrasi, agar masyarakat merasakan pelayanan maksimal. Serta membangun pelayanan terpadu berbasis online yang dilengkapi dengan complaint system untuk mengetahui dan menampung keluhan masyarakat terhadap pelayanan yang dibangun.
“Misi kami ada pelayanan berbasis digital IT modern. Artinya orang yang mau mengurus perizinan tidak perlu ketemu dan bertatap muka. Bahkan di dalamnya juga kita bikin komplain sistem,” kata Mulyadi, Anggota DPR RI tiga periode ini.
Mulyadi yang didampingi Cawagub Ali Mukhni menyebut, mengurus pelayanan dengan tatap muka merupakan cara yang konvensional. Selain itu akan membuka peluang untuk melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan UU dan itu sudah jadi rahasia umum.
Teknologi saat ini, menurut Mulyadi harus dimanfaatkan untuk membangun birokrasi yang berkeadilan dan jauh dari upaya tidak diinginkan. Sehingga akan dicapai sebuah birokrasi yang maju dan meninggalkan cara-cara lama.
“Kalau kita ingin maju, kita perbaiki sistem perizinan kita. Jangan sampai ada anggapan lagi tentang ‘Izin Alun Kalua, Pitih Alah Abih’. Apalagi jika masih ada yang punya mental suap baik di birokrasi maupun bagi yang mengajukan izin. Itu harus kita rubah,” pungkas Mulyadi.
Ditambahkan oleh Cawagub Ali Mukhni, selama kepemimpinan nya dua periode sebagai Bupati Padang Pariaman, pelayanan publik ini merupakan prioritas. Pada OPD yang melayani perizinan, selalu melakukan inovasi dalam pelayanan.
Menurut Ali Mukhni, pelayanan publik di Padang Pariaman selalu terdepan dan meraih penghargaan di tingkat nasional. “Inovasi-inovasi yang baik tentu akan kita kembangkan, Insya Allah,” kata Ali Mukhni. (*)